Special Gift Cloris

Clorismen-  Pria Indonesia khususnya yang tinggal di kota besar memiliki banyak masalah rambut. Salah satunya adalah ketombe yang biasa terjadi pada kulit kepala. Ketombe, merupakan hasil dari pengelupasan kulit kepala yang telah mati secara berlebihan. Ketombe merupakan proses yang terjadi ketika sel-sel epidermal kulit kepala terdorong keluar, yang mana pada akhirnya akan mati dan terkelupas. Ketombe muncul pada usia pasca pubertas dan umumnya menimbulkan rasa gatal.

Beberapa penyebab ketombe sangat beragam, tak terkecuali pria juga banyak yang mengidap kelainan kulit kepala ini. Pria diketahui memiliki kelenjar produksi minyak yang lebih besar di kulit kepala dan minyak merupakan penyebab terbesar timbulnya ketombe. Selain itu para pakar juga mengindikasi bahwa pria memiliki hormon tertentu yang berhubungan dengan timbulnya ketombe. Perlu kalian ketahui apa saja yang menyebabkan ketombe pada pria!!

1 . Kulit Berminyak

Dermatitis seboroik (seborrheic dermatitis) yang paling ringan adalah timbulnya ketombe. Penyakit ini dapat menimbulkan efek kemerahan, berminyak dan penutupan berupa sisik putih atau kuning. Dermatitis seboroik terjadi tak hanya di kulit kepala, terkadang juga di alis, telinga bagian belakang maupun hidung. Perubahan musim dan stress dapat mempengaruhi timbulnya dermatitis seboroik.

2 . Jamur

jamur yang menjadi penyebab adanya ketombe adalah Malassezia globosa yang dapat meningkatkan jumlah ketombe sebesar 1,5 hingga 2 kali lipat dibandingkan kulit kepala normal. Peningkatan jamur malassezia akan menjadi lebih tinggi jika rambut berminyak, karena jamur ini mendapat makanan dari minyak yang keluar dari folikel rambut. Hal ini dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkan timbulnya lebih banyak sel kulit mati.

3 . Intensitas Waktu Keramas

Jika seseorang jarang keramas, maka kelebihan minyak di rambut akan dapat menimbulkan pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Namun jika kalian terlalu sering keramas, juga dapat menghilangkan minyak dan membuat kulit kering, sehingga iritasi dan pengelupasan kulit juga dapat menimbulkan ketombe.

4 . Cuaca

Ketombe dapat muncul di cuaca yang dingin dan kering. Ditambah lagi dengan perubahan iklim yang tidak menentu dan paparan sinar matahari yang terlalu panas. Faktor-faktor tersebut dapat menimbulkan gatal dan memunculkan ketombe di kulit kepala.

5. Stress

Stress dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe pada pria. Hal ini disebabkan stress dapat mengakibatkan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi kinerja dan kondisi kulit kepala.

6 . Pola Makan

Pola makan yang buruk dan makanan yang tidak terlalu banyak mengandung gizi sangat tidak dianjurkan. Hal ini selain mempengaruhi kesehatan tubuh, juga berperan dalam perlindungan dan kesehatan kulit kepala. Kebutuhan akan zat besi (zinc) dan vitamin B sangat diperlukan untuk menghindari timbulnya ketombe di kulit kepala. Kekurangan asupan air putih, makan makanan berminyak dan asin secara berlebihan juga dapat memicu timbulnya ketombe.

7 . Pemilihan Produk Shampo Yang Kurang Tepat

Sensitivitas kulit kepala terhadap produk perawatan rambut tertentu (dermatitis kontak) dapat menimbulkan iritasi berupa kulit kemerahan dan gatal di kulit kepala yang pada akhirnya dapat memunculkan ketombe.

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen