Special Gift Cloris

Clorismen – Siapa yang tidak suka tidur siang, pasti jika ada waktu luang tidur siang merupakan hal paling nikmat. Ketika badan terasa lelah, tidur memang hal yang sangat pas untuk dilakukan, apalagi di waktu siang hari. Biasanya kita perlu menyisihkan waktu untuk tidur siang, agar kondisi kesehatan semakin terjaga. Namun, tidur siang dalam waktu tertentu ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan terutama jantung.

Apakah anda salah satu dari banyak orang yang gemar berlama-lama tidur siang? Mungkin anda tidak akan percaya kalau tidur siang yang terlalu lama dapat mengakibatkan banyak gangguan untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan dari kita di segala usia, remaja sampai dewasa membutuhkan waktu tidur tujuh-delapan jam dalam satu hari untuk dapat merasa bugar dan semangat ketika bangun nanti.

Waktu tidur siang yang cukup panjang rata-rata disebabkan oleh rasa ngantuk yang berlebihan atau kelelahan, itu lah sebabnya mengantuk berlebihan pada siang hari akan mengalami peningkatan sindrom metabolik, karena dapat dipastikan, jika kita sudah terlalu lelah maka akan mengalami tidur siang dengan waktu yang panjang. Namun apa resiko yang didapat jika kita tidur siang terlalu lama?.

Berikut ini beberapa resiko yang diberikan ketika tidur siang terlalu lama :

1. Menyebabkan Sakit Kepala

Ketika waktu tidur siang tidak di kontrol atau bahkan terlalu lama, besar kemungkinan anda akan mengalami gangguan tidur saat malam hari. Akibatnya, anda pun akan bangun pada keesokan paginya dengan sakit kepala yang pastinya akan mengganggu aktivitas anda. Sebaiknya atur tidur tidur siang anda selama 20 atau 30 menit, dan pada malam harinya anda bisa tidur selama 7 jam saja.

2. Mengakibatkan Nyeri Punggung

Terbiasa tidur terlalu lama dengan alasan menghilangkan lelah dan pegal pada tubuh, akan membuat anda menjadi nyeri punggung, punggung anda akan terasa sakit jika anda tidur siang dengan waktu yang lama. Selain itu, kebiasaan selalu berbaring atau tidur-tidur santai dalam waktu yang singkat juga akan berakibat hal yang sama.

3. Meningkatkan Resiko Diabetes

Dalam sebuah penelitian kecil yang diadakan di Quebec. Peneliti tersebut menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam sehari, dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 atau gangguan toleransi glukosa selama periode enam tahun, dibandingkan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam, bahkan mengendalikan perbedaan dalam massa tubuh.

4. Dapat Memicu Naiknya Berat Badan

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki waktu tidur pendek atau panjang per hari akan mendapatkan berat lebih selama enam tahun, dibandingkan orang yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam atau sesuai dengan waktu tidur yang ideal. Orang yang tidur sembilan sampai 10 jam setiap malam, 25% lebih mungkin menaikkan 5 kilogram berat badan, bahkan setelah anda makan dan melakukan aktivitas.

5. Resiko Gangguan Jantung

Dalam penelitian yang dijelaskan pada pertemuan di American College of Cardiology 2012, tidur delapan jam atau lebih setiap harinya, dikaitkan dengan peningkatan resiko masalah jantung. Para peneliti menganalisis data dari lebih dari 3.000 orang dan menemukan bahwa tidur panjang memiliki dua kali resiko angina dan 1,1 kali resiko penyakit arteri koroner. Jadi dalam sehari, sebaiknya kita tidur dengan cukup sesuai dengan waktu tidur yang ideal.

6. Dapat Menyebabkan Insomnia

Dampak lainnya dari bahaya tidur siang, apalagi dalam waktu yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan insomnia. Insomnia merupakan salah satu gangguan dimana seseorang tidak bisa tidur pada waktu malam, yang salah satunya disebabkan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kita merasa segar pada malam hari, sehingga kita tidak bisa tidur dan mengalami insomnia.

Jadi sebaiknya anda harus mulai mengatur waktu tidur anda antara tujuh hingga delapan jam setiap harinya. untuk waktu tidur siang, 20-45 menit sudah cukup untuk remaja dan dewasa sekaligus menghindari gangguan tidur pada malam harinya.

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen