Special Gift Cloris

Clorismen – Air merupakan sebuah kebutuhan bagi semua makhluk hidup, bahkan kita sendiri sebagai manusia sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Sehingga dapat diketahui sendiri apabila kita mengalami kekurangan air apa yang akan terjadi terhadap tubuh kita. Air ini juga memiliki peran penting dalam tubuh seperti untuk transportasi zat – zat makanan yang sudah dicerna dan larut dalam darah serta untuk melarutkan berbagai jenis zat yang ada di dalam tubuh kita.

Apabila tubuh kita kehilangan air sebanyak 15%, maka dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan karena dehidrasi. Oleh karena itu setidaknya untuk orang dewasa harus meminum air sekitar 8 gelas sehari untuk menjaga keseimbangan tubuh dan metabolisme.

Tapi saat berpuasa seperti ini mengkonsumsi air memang sangat dibatasi karena, hampir dalam waktu seharian kita menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu mengkonsumsi air bisa dilakukan setelah waktu berbuka atau sebelum menjalankan ibadah puasa atau saat sahur. Mengkonsumsi air memang lah sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh, tapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua air dapat menjaga keseimbangan tubuh dan berikut beberapa jenis air yang tidak di sarankan untuk dikonsumsi saat sahur :

1. Teh

Teh dipilih karena dapat menambah tenaga dalam waktu cepat, sehingga saat menyantap makan sahur tidak terasa rasa ngantuk yang dapat membuat malas untuk menjalankan saur. Tapi faktanya teh merupakan jenis minuman yang mengandung kafein. Dikutip dari dr. Kartika Mayasari dari situs Klik Dokter. Selain dapat mencegah rasa kantuk, senyawa tersebut juga memiliki sifat diuretik alias menarik cairan (air dan garam) dari dalam tubuh untuk dikeluarkan bersama urine, Jadi kebiasaan meminum teh saat sahur akan bisa meningkatkan intensitas buang air kecil di siang hari dan akhirnya jika kita sering buang air kecil saat puasa, sementara asupan cairan sangat terbatas, risiko yang akan terjadi adalah dehidrasi menjadi semakin tinggi.

Baca Juga:  Stress Karena Berhenti Merokok? Ada Tips Buat yang Stress Saat Ingin Berhenti Merokok!!

2. Kopi

Mirip dengan teh, minuman ini juga mengandung kafein di dalamnya. kafein bersifat diuretik sehingga meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi saat berpuasa. Jika anda sudah dehidrasi, sel-sel di dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Hasilnya adalah terjadinya keluhan-keluhan yang disebabkan oleh dehidrasi seperti Rasa haus berlebih, Kulit dan mata kering, Bibir dan mulut kering, Gampang lelah dan kepala pusing, Terlalu sering buang air kecil, Tekanan darah menurun dan denyut nadi meningkat. Akan lebih enak jika anda menikmati kopi saat setelah pulang sholat terawih.

3. Minuman Berasa Asam

Minuman asam mengakibatkan naiknya asam lambung, yang akan mengganggu ibadah puasa anda hal ini terjadi karena asam lambung yang naik dapat menimbulkan keluhan mual dan muntah, terutama pada anda yang memiliki riwayat penyakit mag atau gastritis. Sangat tidak dianjurkan untuk meminum minuman berasa asam saat sahur karena akan membuat asam lambung anda naik, bukannya menyegarkan tubuh malah membuat tubuh anda menjadi lemas dan bisa menimbulkan mual dan muntah.

4. Minuman Bersoda

Sama halnya seperti minuman asam, minuman yang mengandung soda juga dapat menyebabkan keluhan mual muntah pada penderita gastritis. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman jenis ini dan sebaiknya tidak dikonsumsi di waktu sahur karena akan membuat kondisi bandan anda tidak menjadi vit, bukannya segar bugar saat menjalankan ibadah puasa malahan membuat anda menjadi lemas.

5. Minuman Manis

Mengkonsumsi minuman manis saat sahur juga tidak dianjurkan karena minuman manis akan menyebabkan terjadinya peningkatan insulin di dalam tubuh, sehingga anda yang mengkonsumsi minuman manis saat sahur akan lebih cepat lapar di siang hari. Jadi sangat tidak disarankan untuk minum minuman manis saat sahur.

Baca Juga:  5 Trik Agar Gigi Tetap Sehat Dan Putih Alami

Nah dari pada anda mengkonsumsi jenis minuman-minuman diatas akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan puasa anda tidak lancar, sebaiknya akan lebih baik jika anda mengkonsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa. Minuman yang seperti ini akan dapat membantu menghilangkan dahaga, serta membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa sampai anda berbuka nanti.

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen