Special Gift Cloris

Clorismen- Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Situbondo,  Jawa Timur,  Kamis (11/10/2018) dini hari.Guncangan gempa itu terasa begitu keras hingga Denpasar. Guncangan sempat terjadi beberapa detik.

Sementara  itu, gempa bumi itu juga terasa mengguncang Surabaya, 11 Oktober 2018 sekitar pukul 01:44 WIB. Getaran gempa terasa sampai dua kali. Getaran kedua terasa lebih kuat. Gempa Situbondo memiliki kekuatan 6,4 SR dan bisa dirasakan sampai Bali, Sumenep, Gianyar, bahkan Lombok Barat dan Mataram.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa Situbondo, Jawa Timur, yang terjadi pukul 01.44 WIB, disebabkan oleh sesar naik Flores. Hasil penelitian ilmuwan, sesar tersebut memang sedang aktif di beberapa bagian.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, aktifnya sesar naik Flores ini disebabkan oleh pengaruh tumpukan tiga lempeng yang juga sedang aktif. Kondisi ini, lanjut dia, sangat menarik karena unik. Oleh karena itu, perlu dibuat peta baru tentang sesar tersebut.

Dikutip dari akun Twitter BMKG dan humas BNPB, pusat gempa Situbondo berada di 61 kilometer timur laut Situbondo pada kedalaman 10 km. Untungnya, BMKG menginformasikan bahwa gempa ini tidak berpotensi terjadi tsunami.

Menurut Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, gempa Situbondo mengakibatkan 3 orang meninggal dunia, 4 orang luka, dan beberapa rumah rusak di Kabupaten Sumenep. Selain merenggut tiga korban jiwa, gempa berkekuatan M6,4 yang mengguncang timur laut Situbondo, Jawa Timur juga mengakibatkan kerusakan rumah di beberapa tempat di Jawa Timur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 14 kali lindu susulan usai gempa Situbondo, Jawa Timur bermagnitudo 6,3 yang mengguncang Kamis dini hari tadi. Namun, kekuatan lindu susulan ini tidak sebesar gempa Situbondo pukul 01.44 WIB tadi.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Namun, warga juga harus tetap waspada.

Baca Juga:  Indonesia Lagi-Lagi Diberi Emas Lewat Panjat Tebing

 

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen