Special Gift Cloris

Clorismen – Pasti anda pernah merasa di kantor sesekali pendapat kita kurang didengar bahkan diremehkan oleh teman kerja maupun bos. Disisi lain, pasti ada satu atau dua orang yang seolah menjadi anak emas di lingkup kantor anda atau dilingkungan sekitar anda. Yang dimana setiap detail perkataannya selalu didengar oleh bos dan teman kerja yang lain atau teman-teman anda.

Hal ini tentu saja berhasil membuat kita menjadi geram dan mulai berpikiran negatif. Tapi jangan berburuk sangka dulu, mungkin teman-teman anda ini memiliki soft skill dalam negosiasi dan persuasi. Anda pun bisa mempelajari cara-cara melakukan negosiasi yang baik agar pendapat anda juga dapat didengar dan dapa diterima dengan baik.

Bagi para pria negosiasi merupakan suatu hal yang lumayan sulit untuk dilakukan, Tidak seperti seorang wanita yang terkadang ada yang sudah memiliki bakat yang terlahir sendiri didalamnya untuk melakukan negosiasi. Biasanya seorang pria akan menerima suatu hal yang didapat dengan suka rela saja, tapi tenang bro, jika anda ingin lihai dalam hal negosiasi, 8 cara berikut ini bisa anda lakukan.

8 Cara Untuk Anda Bisa Jadi Orang Yang Jago Negosiasi :

1. Berbicara Dengan Meyakinkan

Ketika ingin mengobrol dengan seseorang, anda bisa mengawalinya dengan memilih topik yang sedang ramai dibicarakan oleh orang-orang untuk menarik perhatiannya, berarti disini tandanya anda harus update dengan berita-berita yang sedang naik agar tidak ketinggalan sumber informasi. Lalu untuk meyakinkan seseorang gunakan kata subjek ‘kita’ ketimbang ‘aku atau saya’. Cara ini memberikan kesan bahwa yang sedang dibicarakan adalah untuk kepentingan bersama.

2. Persuasi Bukan Memanipulasi

Kadang kala kita melihat persuasi adalah manipulasi dan sekilas 2 hal tersebut nampak sama. Yang menjadi pembeda adalah persuasi itu seperti simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Sedangkan manipulasi, tindakan yang memaksa untuk melakukan sesuatu demi kepentingan sendiri. Dalam negosiasi dua hal tersebut harus dibedakan.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Pria Memerlukan Hand And Body Lotion

3. Jaga Intonasi Bicara

Walaupun anda terlihat percaya diri tapi jika intonasi dan nada berbicara anda menunjukkan keraguan maka persuasi kurang tersampaikan dengan baik. Pengendalian emosi juga sangat diperlukan saat persuasi. Apalagi ketika mereka banyak membantah pendapat yang telah anda sampaikan. Tetap tenang dan cobalah untuk mendengarkan pendapat mereka dengan baik. Dengan begitu anda memungkinkan dapat bernegosiasi dengan baik.

4. Penampilan Menarik

Berpenampilan menarik akan menimbulkan kepercayaan diri anda saat berbicara dengan orang lain atau lawan bicara anda. Selain itu lewat penampilan anda lawan bicara anda, akan bisa merasa lebih yakin dengan hal yang anda sampaikan kepadanya. Misalnya saja anda tidak akan mau membeli sebuah baju jika si penjual tersebut terlihat kumal dan berpakaian tidak layak bukan?

5. Memberikan Energi Positif

dalam bernegosiasi diperlukan energi positif agar persuasi anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Saat berbicara lakukan kontak mata, tersenyum, memberikan ekspresi yang positif, atau anda bisa jadi pendengar yang baik ketika lawan bicara anda mengutarakan sesuatu hal. Tapi jangan jadikan cara ini untuk mendekati lawan bicara anda dengan kebutuhan yang lain, karena hal itu akan merusak negosiasi anda.

6. Berusaha Bersikap Tenang

Seperti yang disebutkan pada poin ke 3, yaitu jaga intonasi bicara, Berusahalah untuk tetap tenang dan fokus pada pembicaraan yang anda sudah lakukan dan itu adalah tindakan yang wajib anda lakukan. Tidak perlu menaikkan nada bicara anda agar terlihat tegas. Perlu anda ketahui bahwa ada perbedaan yang tipis antara tegas dan arogan, jika anda menaikkan nada dan intonasi anda saat berbicara.

7. Tidak Boleh Cepat Berasumsi

Saat berhadapan dengan orang lain jangan cepat memberikan asumsi tentang hal yang mereka butuhkan. Sebaliknya tawarkan lah bantuan yang bisa anda berikan. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membiarkan lawan bicara anda mengutarakan keinginannya terlebih dahulu agar anda bisa menawarkan hal yang tepat.

Baca Juga:  7 Tempat Ngabuburit Yang Bisa Jadi Pilihan Anda, Adakah Kotamu?

8. Pilih Timing Yang Tepat

Apabila ingin melakukan pembicaraan yang serius dengan teman kerja, bos, atau pun rekan anda, ada salahnya memperhatikan kondisi mood  dan pokok bahasan yang akan dibicarakan. Faktor-faktor eksternal itu juga mempunyai efek yang besar terhadap persuasi anda, jangan cepat mengambil tindakan yang membuat anda kalah dalam melakukan negosiasi.

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen