Special Gift Cloris

Clorismen – Sate merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengaku menyukai sate dari Indonesia. Siapa di antara kalian yang tidak menyukai jenis kuliner yang satu ini? Selain bisa sangat mudah di jumpai ternyata kuliner ini juga banyak jenisnya loh bro.

Baru beberapa hari yang lalu umat muslim diseluruh penjuru merayakan Hari Raya Idul Adha, dimana hari raya ini merupakan hari raya islam yang lebih dominan dengan hewan kurban. Biasanya malam sehabis hari Raya Idul Adha, kebanyakan dari kita pasti melakukan aktivitas bakar-bakar bersama keluarga atau sanak saudara dan juga kawan-kawan kita.

Sate memang nikmat dimakan kapan saja, terutama di malam hari saat kita sedang sangat kelaparan. Makanan yang ditusuk kemudian dibakar ini juga lezat dinikmati bersamaan dengan nasi ataupun lontong sesuai dengan selera masing-masing. Namun ada hal yang perlu anda ketahui tentng sate yang khas ada di Indonesia ini. Apa saja sih sate khas Indonesia yang menggugah selera? Simak berikut ini :

1. Sate Madura

Dari namanya sudah jelas sate ini datang dari kota Madura. Biasanya, sate Madura menggunakan daging kambing atau daging ayam. Bumbu yang digunakan ada dua jenis yakni bumbu kacang dan bumbu kecap yang berisi potongan bawang merah, cabai rawit, dan tomat. Sate yang satu ini adalah salah satu sate yang paling mudah kita temui. Sate Madura umumnya dapat dibeli di malam hari di penjual pinggir jalan atau penjual sate keliling yang ada di sekitaran rumah anda bro.

2. Sate Maranggi

Nah, kalau sate ini kalian bisa temui di daerah Jawa Barat. Daging yang digunakan adalah daging sapi dan kambing untuk membuat sate ini. Namun sebelum dibakar, daging terlebih dahulu direndam dengan bumbu hingga meresap kedalam daging yang akan di olah menjadi sate tersebut. Sehingga tanpa saus kacang pun, satenya sudah terasa nikmat dan empuk.

Baca Juga:  6 Jajanan Tahun 90an Yang Pasti Pernah Anda Coba

3. Sate Padang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang super menggugah selera ini, yaitu sate Padang? Sate ini sangat cocok bila kita menyukai rasa yang pekat, karena memiliki saus kental dan pedas yang kaya rempah-rempah. Sate Padang tidak hanya menggunakan daging sapi saja, namun juga menggunakan lidah dan usus. Rasa lidah yang legit sangat pas dimakan bersama sausnya yang kental dan pastinya dengan ditemani ketupat.

4. Sate Lilit

Sate lilit, sate yang berasal dari daerah Bali ini terbilang cukup unik. Daging yang digunakan beragam, bisa ikan, daging sapi, daging babi, hingga daging kura-kura. Sate ini memiliki daging yang dicincang halus kemudian dililitkan pada sebatang serai. Sehingga sate menjadi empuk dan harum. Apakah kalian sebelumnya pernah mencoba sate ini bro?

5. Sate Buntel

Sate yang berasal dari Solo atau Surakarta ini sangat mirip dengan isian kebab. Daging sapi atau kambing bagian perut dicincang kemudian dililitkan pada tusuk bambu dan dilapisi dengan membran daging atau lemak. Penyajiannya cukup menarik yaitu, daging dilepas dari tusukan kemudian diiris tipis dan disajikan bersama kecap dan merica. Mau mencobanya bro?

6. Sate Banjar

Sate khas asal Kalimantan ini hanya menggunakan daging ayam pada bagian paha, sehingga sate terasa lumer ketika sampai di mulut. Daging dari sate ini dilumuri bumbu terlebih dahulu kemudian setelah dilumuri dengan bumbu siap untuk dibakar. Penyajian dari sate banjar ini pun cukup unik, karena bumbu yang digunakan sate banjar ini menggunakan bumbu pecal dengan tambahan lontong.

7. Sate Tegal

Bro apa kalian termaksud yang suka dengan daging kambing muda? Berarti wajib mencoba sate asal Tegal ini. Sate Tegal yang berbahan dasar dengan menggunakan kambing yang belum mencapai usia 5 bulan ini wajib untuk kalian coba. Hasil dari daging kambing muda ini dapat membuat sate ini sangan lezat untuk di santap sehingga dagingnya super empuk dan juicy. Sausnya pun sederhana, hanya kecap dengan irisan bawang, cabai, dan tomat seperti sate pada umumnya. Berani untuk mencoba?

Baca Juga:  Sehabis Makan-Makanan Berlemak Sebaiknya Anda Mengkonsumsi Minuman Ini!

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen