Special Gift Cloris

Clorismen – Cristiano Ronaldo akhirnya resmi pindah dan angkat kaki dari Real Madrid  menuju Juventus, pada selasa 11 juni 2018 lalu. Juara Serie A Italia ini mengontrak pemain Portugal tersebut selama empat tahun dengan biaya transfer 100 juta Euro atau sekitar Rp1,7 trilun.

Semakin hari, nilai transfer pemain sepak bola semakin melambung dan membengkak. Bayarannya juga sama. Jika dulu biaya transfer untuk jumlah puluhan juta Euro sudah termaksud dan tergolong mahal, di jaman seperti ini sekarang dengan jumlah biaya seperti itu sudah biasa.

Selain transfer CR7 Cristiano Ronaldo, transfer pemain sepak bola siapa sajakah yang tergolong mahal dalam sejarah sepak bola? Berikut informasi yang dikutip dari sumber indosport, mari kita simak info berikut ini :

1. Ousmane Dembele

Nama pemain Prancis ini mencuat setelah dibawa oleh club Barcelona musim lalu, yang tengah mencari pengganti Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG). Untuk mendapatkan Dembele sendiri, Barcelona mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Setidaknya 97 juga poundsterling atau sekitar Rp1,8 triliun harus mereka keluarkan agar Dembele bisa bergabung.

Kepindahannya ini memicu kemarahan dari para suporter BVB. Mereka mengecam sang pemain terlalu mengutamakan finansial dan bersikap kurang baik. Di Camp Nou, Dembele belum menampilkan yang terbaik karena hal tersebut terjadi ketika Dembele dihantam cedera berkepanjangan. Selama musim 2017-2018, salah satu pemain inti Tim Nasional Prancis itu baru 14 kali menjadi starter bersama Barcelona dan menorehkan empat gol. Dikabarkan Manchester United berminat meminjam Dembele. Tetapi, beberapa klub Liga Primer Inggris lainnya seperti Liverpool dan Arsenal juga sempat dikaitkan dengan gelandang berusia 20 tahun ini.

2. Cristiano Ronaldo

Beberapa kali dikabarkan akan hengkang dari Real Madrid, lepas masa jaya di Santiago Bernabeu dan kontribusinya bersama Los Blancos. Seperti biasa, setiap kali ada yang menginformasikan akan pergi, akhirnya Ronaldo memutuskan bertahan di Madrid. Tetapi, kali ini ada yang berbeda. Ronaldo akhirnya benar-benar mengucapkan selamat tinggal pada rekan-rekannya di klub  13 gelar Liga Champions Eropa tersebut.

Pada Selasa 10 Juli 2018 malam WIB, Juventus mengumumkan bahwa CR7 atau Cristiano Ronaldo sebagai pemain baru mereka. Dana sebesar 99 juta poundsterling atau sekitar Rp1,88 triliun pun berhasil masuk kedalam rekening Madrid atas kepergian mega bintangnya tersebut. Banyak yang tidak sabar menantikan rekor-rekor yang nanti akan dipecahkan mantan pemain Manchester United ini setelah berseragam Bianconeri. Siap menunggu aksi CR7 di club terbarunya.

3. Philippe Coutinho

Paska kepergian Neymar, Barcelona harus mencari penggantinya. Sayangnya, Ousmane Dembele cidera. Barcelona sudah sekitar tiga kali mengajukan tawaran untuk memboyong Coutinho dari Anfield sejak bursa transfer 2017-2018. Dan hal tersebut ditolak. Tetapi, seiring waktu Liverpool pun luluh juga.

142 juta poundsterling atau sekitar Rp. 2,7 triliun pun ditransfer Barcelona kepada Liverpool untuk bisa mendapatkan jasa pemain asal Brasil tersebut. Coutinho membuktikan kemampuannya. Tendangan jarak jauh dan tendangan bebasnya memang membuat siapapun berdecak kagum. Sayangnya, kecemerlangan Coutinho tidak mampu membawa Brasil meraih prestasi lebih tinggi di Piala Dunia 2018.

4. Kylian Mbappe

Remaja satu ini menjadi salah satu pemain yang paling dicari saat bursa transfer 2017-2018 berkat penampilan gemilangnya bersama AS Monaco di musim sebelumnya. AS Monaco sudah kehilangan beberapa pemain intinya yang hijrah ke klub-klub besar menyusul keberhasilan mencapai empat besar Liga Champions Eropa 2016-2017. Tentunya mereka ingin mengamankan Mbappe jangan sampai tergoda untuk hengkang.

Tetapi, Paris Saint-Germain (PSG) tidak kehilangan akal. Les Parisien merekrut Mbappe sebagai pemain pinjaman demi menghindari hukuman Financial Fair Play (FFP) UEFA setelah Neymar dengan harga 200 juta euro. Niat PSG, tahun berikutnya akan menjadikan Mbappe permanen. Mbappe memang membuktikan dirinya layak dibayar mahal. Penampilan di Piala Dunia 2018 memukau banyak orang. Aksinya akan dinantikan terlebih setelah Prancis berhasil ke final Piala Dunia 2018. Untuk merekrut Mbappe sendiri, PSG siap untuk membayarkan dana sebesar 166 juta poundsterling atau sekitar Rp 3,1 triliun.

5.  Nyemar

Ini proses transfer yang paling dramatis. Barcelona berusaha memblok upaya klub seperti Paris tersebut untuk merekrut pemain sayap yang kerap berganti model rambut. Bahkan Los Blaugrana meminta untuk melunaskan release clause dilakukan secara tunai. Dengan uang sebesar 198 juta poundsterling atau sekitar Rp 3,7 triliun, Neymar pun akhirnya melepaskan diri dari Blaugrana menuju Les Parisiens.

Barcelona juga curiga bahwa PSG melakukan pelanggaran FFP dan meminta UEFA menyelidiki kejanggalan transfer Neymar. UEFA setuju menyelidiki hal tersebut, tetapi hal belum ada kepastian apakah PSG benar-benar melanggar aturan atau tidak. Neymar berhasil membawa PSG juara Ligue 1 Prancis musim ini. Tetapi, berbanding terbalik dengan Mbappe yang membawa negaranya ke final Piala Dunia 2018, Neymar harus pulang cepat karena Brasil disingkirkan Belgia di delapan besar. Dan, aksi yang sempat berlebihan dari Neymar seperti berguling-guling dilapangan hijau menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Neymar adalah pemain yang dicintai, dikagumi, tetapi sekaligus dibenci dan memicu kontroversi. Kalau menurut kalian bagaimana bro?

 

Masukkan email dan nama lengkap sobat untuk mendapatkan info promo keren dan produk terbaru dari Clorismen